RSS

About

Selamat dataangggg !!!!
Ditunggu komentnya :)
- Hesti yang selalu ingin
mencoba hal yang baru-

The software quality challenges, SQA activities


The Context of Software Quality Assurance

Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan tentang The quality challenges dan SQA activities. Dimana pada quality challenges kita akan mengetahui tentang karakteristik software sebagai produk dan sebagai pros produksi. Selain itu, kita akan mengenal lingkungan untuk pengembangan dan perbaikan segala tempat aktivitasnya.

Uniqueness of Software Development Process

Hal yang mendasari perbedaan antara Software dan produk-produk industri antara lain :
  1. Kompleksitas produk
  2. Visibilitas dari sebuah produk
  3. Pengembangan produk dan proses produksi.

Berikut ini adalah beberapa factor yang dapat menjelaskan perbedaan dari pendeteksi software vs produk industry.


Kemungkinan dalam pendeteksi kecacatan dalam pengembangan produksi antara produk industry dan software.

Produk Industri : dapat mendeteksi cacat pada semua fase.
Software : dapat mendeteksi error hanya pada fae pengembangan.

Sehingga, kompleksitas yang bagus serta invisibility dari software, yang meliputi karakteristik produk, membuat pengembanga metodologi SQA dan sukses mengimplementasikan proyek professional.

Lingkungan yang berpengaruh pada metode SQA yang dikembangkan

  • ·         Pupils & students
  • ·         Hobbies
  • ·         Engineers, sconomics, & dan lingkungan kerja lainnya
  • ·         Software development professional

Semua pengemenbang software tersebut dibutuhkan untuk melakukan control pada masalah kualitas software yang disebut “Bugs / Error”

SQA Environment : Karakteristik

  • 1.       Kondis kontrak
  • 2.       Hubungan antara pelanggan dan pengembang software
  • 3.       Kebutuhan team
  • 4.       Koordinasi dengan para anggota team
  • 5.       Tampilan pada software sistem
  • 6.       Kebutuhan pengembangan software dengan para anggota team
  • 7.       Kebutuhan dalam melakukan maintenance disetiap periode.

Berikut ini, akan saya jelaskan satu per satu maksud poin-poin di atas.

Kondisi Kontrak

Pada awal proyek, kita akan terlibat kontrak yang telah disepakati bersama antar customer dan pengembang software. Kontrak tersebut berisi komitmen dan tanggung jawab atas setiap aktivitas yang dilakukan pengembang software selama proses pembuatan. Sehingga dalam pembuatan kontrak tersebut, kedua belah harus saling bertemu untuk membicarakan segala kebutuhan yang diperlukan.

Hubungan antara pelanggan dan pengembang software

Pengembang software harus bekerja sama dan saling berhubungan dengan customer secara terus menerus. Hal ini dikarenakan untuk :
  • -          Memperhatikan perubahan yang mungkin terjadi sesuai dengan kebutuhan
  • -          Mendiskusikan tentang kekurangan-kekurangan yanga ada
  • -          Mendapatkan persetujuan bila terjadi perubahan

Kebutuhan Teamwork (Team)

Faktor yang memotivasi agar tetap solidnya suatu team adalah :
  • -          Kebutuhan jadwal kerja yang terstruktur
  • -          Kebutuhan dari variasi spesifikasi
  • -          Harapan keuntungan yang diperoleh dari dukungan profesioanl & review untuk penambahan kualitas proyek

Koorperatif dan koordinasi dengan anggota team

Dalam pembuatan proyek yang berskala besar, biasanya kita membutuhkan lebih dari satu team. Sehingga benar-benar dibutuhkan koordinasi yang baik antar team. Kebutuhan koordinasi tersebut antara lain :
  • -          Pengeembang software berada dalam satu lingkup perusahaan.
  • -          Pengembang hardware juga berada dalam satu lingkup perusahaan
  • -          Pengembang software dan hardware  dari supplier yang lain
  • -          Pengguna software dan team pengembang/pembuat masuk dalam bagian proyek pengembangan.

Tampilan pada sistem software yang dibuat

Biasanya tampilan software mencakup paket software yang lain, seperti :
  • -          Input interface
  • -          Output interface
  • -          I/O interface

Kebutuhan untuk terus melaksanakan proyek meskipun perubahan anggota tim

Sebelum pengembangan periode pada proyek, kita kemungkianan akan menemukan :
  • -          Berkurangnya anggota team
  • -          Perubahan karyawan
  • -          Perpindahan tempat / pindah lokasi ke luar kota

Kebutuhan untuk melanjutkan pemeliharaan software dalam periode tertentu

Dari 5 sampai 10 tahun, customer membutuhkan pemanfaatan sistem secara berkelanjutan, sperti
  • -          Maintenance (pemeliharaan)
  • -          Enhancemenet (penambahan)
  • -          Change (modifikasi)
SeSecara garis besar, dapat ditunjukkan pada baganSQA activities berikut ini :



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment